Skip to content

Belajar Nyetir Mobil : pertama

23 Januari 2011

Tadi siang sekitar jam 2 an, saya mengajarkan Novi nyetir mobil. Bukan untuk yang pertama kali, sebelumnya Novi sudah pernah belajar nyetir dengan saya juga namun menggunakan mobil matic Honda New City 2006. Novi sie udah bisa mengendalikan setir mobilnya tapi saya juga belom berani melepasnya untuk berkendara di jalan umum, masih dilapangan ya oke-oke saja. Apalagi yang dipake mobil matic, sangat gampang  cuman injek gas dan rem.

Nah selanjutnya, saya ingin mengajarkan dia memakai mobil manual. Maksudnya biar bisa semua jenis mobil (apalagi masih kebanyakan mobil manual didaerah saya)

Namun saya kesulitan untuk menurunkan ilmu saya kepadanya.

Kami menggunakan mobil Isuzu Panther 2004 untuk belajarnya, kesulitan yang utama yang dialami adalah pengaturan antara kopling sama gasnya. Mobilnya mati terus karena main kolping dan gasnya kurang pas. Posisi kursi kemudi juga berpengaruh, kakinya  kurang dalam menginjak pedal koplingnya. Saat latihan pertama memakai mobil ini saya cuma ajarkan di gigi satu sama mundur saja, karena lapangannya kurang luas.

Jam 4 an, saya akhiri latihan mengemudinya. Dan dapat saya ambil kesimpulan yaitu:

Untuk latihan yang kedua, pertama-tama harus dipelajari adalah:

  1. Melihat sekeliling dari mobil agar tahu dimensi mobil terlebih dahulu.
  2. Belajar menghapal perpindahan gigi. (sering salah, mau masukin gigi 1 ehhh gigi 3 yang didapat)
  3. Belajar memainkan pedal kopling dan gas, meskipun gas diinjak full mobil tidak akan jalan jika koplingnya masih terinjak full juga, bila kopling dilepas perlahan dibarengin dengan injakan gas. Jadi mesinnya tidak mati.
  4. Lebih konsentrasi mengemudi, pandangan jangan melihat kearah lain (misalnya melihat porsneling, atau dagang bakso dipinggir lapangan…hehehe)

Sementara itu saja yang akan saya ajarkan, semoga saya bisa sabar mengajarinya

dan Dia cepat bisa mengemudi…🙂

7 Komentar leave one →
  1. cindirilli permalink
    23 Januari 2011 9:06 PM

    si novi alna suka maem bakso….makana matana suka nglirik dagang bakso…wkwkwkwkwkk

    • 23 Januari 2011 9:20 PM

      Iya..kayaknya novi pengen beli bakso ketimbang belajar mengemudi..🙂

      • cindirilli permalink
        23 Januari 2011 9:33 PM

        iyaaa….betul…betul….betul……:-)

  2. 24 Januari 2011 8:52 AM

    Wahh..

    kalo belajar nyetir ntar kalo udah gede baru aku belajar nyetir..

    • 24 Januari 2011 2:14 PM

      yang penting kesampaian nginjek pedalnya gan…hehehe

      • cindirilli permalink
        24 Januari 2011 10:08 PM

        waduh…kykna ada yg nyindir nie untk nginjek padalna….xixixixiii…..:)

  3. 25 Januari 2011 3:10 AM

    @cindirilli: klu nggk kesampaian, mobilnya saja yang diperkecil…🙂

Tinggalkan Balasan

