Skip to content

Radius Putar atau Turning Radius itu apa ya?

20 Januari 2011

Dispesifikasi kendaraan sering saya melihat kata Radius Putar(Turning Radius), tetapi saya kurang tau dikenyataannya seperti apa. Sebagai contoh saya isenk coba-coba dengan mengambil data dari Toyota Innova untuk mengetahui radius putar tersebut:

Spesifikasinya sebagai berikut:

Data tersebut mencantumkan radius putar sebesar: 5,4

Saya pikir: Radius= R=Jari-jari = 5,4 meter= 540 cm

Sehingga timbul gambaran sebagai berikut:

  • Gambar bagian atas sesuai dengan dimensi dari Toyota Inova.
  • Gambar bawah, saya buat liangkaran dengan jari-jari 540 cm, dan saya bagi dengan sudut kelipatan 15 derajat.

Sementara yang timbul cuma 4 cara yang untuk mengetahui yang mana disebut radius putar, sebagai berikut:

  • PERTAMA

diukur dari sudut terluar belakang kendaraan

  • KEDUA

diukur dari AS roda depan

  • KETIGA

diukur dari AS roda belakang

  • KEEMPAT : apa mungkin nge-DRIFT seperti film fast to furious? haha

Namun saya lebih sreg dengan yang KETIGA yang diukur dari AS roda Belakang. Ada yang lebih tau tentang Radius Putar?? tolong ditambahkan.

MANFAAT:

UNTUK MENDESAIN AKSES TEMPAT PARKIR YANG NYAMAN, APALAGI PARKIR DIDALAM GEDUNG.

6 Komentar leave one →
  1. Anonim permalink
    21 Januari 2011 1:58 AM

    Apa benar cara mencari radus putar mobil seperti itu?

    • 21 Januari 2011 1:42 PM

      Sebenarnya saya kurang tahu, itu benar atau tidak..
      karena keingintahuan saya coba orak-orek dan hasilnya seperti itu..

  2. cindirilli permalink
    22 Januari 2011 10:22 AM

    smoga berhasil dngn radius putar………………:-)

    • 22 Januari 2011 11:10 AM

      orak-orek untuk tugas nie, bener atau nggk, nanti setelah bimbingan baru tau…

  3. boy permalink
    16 Januari 2014 9:46 PM

    bukan jari-jari 5,4 tetapi diameter 5,4…. coba pikir kalo jari-jari 5,4 bagaimana mobil mau puer balik di U-turn, jalanan dua jalur lebarnya sekitar sepuluh meter aja,… kalu mau puter balik biasanya kita ambil jalur kanan (mepet marka)…dst

    • klokurdiladem permalink
      31 Agustus 2014 12:27 AM

      @boy .. loe belajar dulu dah yang bener tentang apa itu radius, pernah cekolah & belajar matematika geometri ga seeh??? Berdasarkan referensi AASTHO 2001 (A Policy on Geometric Design of Highways & Street) dan buku Pedoman Tata Cara Perencanaan Geometri Jalan Antar Kota Ditjen Bina Marga maka radius putar kendaraan itu dihitung dengan CTR (Centerline Turning Radius at front axle) jadi gambar kedua adalah yang tepat.

Tinggalkan Balasan

