Lanjut ke konten

Mengatasi Kipas Angin yang Berputar Lambat

7 Januari 2011

Apakah anda memiliki masalah dengan kipas angin anda yang berputar lambat/pelan-pelan, dan kadang-kadang sampai tidak mau berputar sama sekali???

Dulu saya juga memiliki masalah seperti itu, tapi jangan buru-buru dibawa ke bengkel elektronik. Bisa-bisa anda bayar banyak, padahal penyebab rusaknya hanya sepele.

Berdasarkan dari masalah yang saya alami, saya coba-coba untuk membongkar kipas angin saya, saya bersihkan debu-debu yang menempel, dan tertempel ada diagram jalur elektroniknya.

Setelah saya telusuri, bagian yang paling berpengaruh penyebab kerusakan itu saya tebak adalah kapasitornya, karena di diagram kapasitor tersebut terhubung dengan 2 buah kabel berwarna cokelat dan merah yang menghubungkannya dengan motor penggerak. Setelah saya cabut kapasitor berwarna hitam berbentuk kubus, kemudian carikan di sparepart toko elektronik dengan daya yang sama tercantum pada sisi kapasitor. Ternyata harganya cuma 4000 an rupiah saja. Alhasil setelah saya coba pasang yang baru, kipas angin saya berputar kenceng seperti dulu waktu masih baru. hehehe….untung saja kipas anginnya nggak saya bawa ke bengkel elektronik, bisa kena mahal, padahal rusaknya nggak seberapa, cuman 4000 an, bisa muter lagi deh….kwakakkaa

9 Komentar leave one →
  1. optimisticveannoe permalink
    11 Juli 2011 1:27 AM

    terimakasih banyak mas,, atas info ny…
    ini sangat bermanfaat bagi saya..

  2. 2 November 2011 11:37 AM

    thanks gan infonya….
    ntar coba triknya, sangat masup akal klo kapasitor yg menjadi penyebabnya…seperti halnya motherboard berdebu, sering menyebabkan masalah dgn pc yg tidak mo hidup.
    mampus dah tukang reparasi yg kerjanya nipu aja…lol

  3. irvan permalink
    9 Desember 2011 9:20 AM

    thx gan infonya.. ane dah coba n hasilnya kipas muter kenceng semua wus2.. ane di rmh ada 6 kipas dengan kasus yang sama,,, untungnya liat info agan.. alhasil kipas ane berfungsi semua… thx gan

  4. penikmat kipas permalink
    23 Januari 2012 6:28 PM

    terimakasih infonya mas, tadi siang repair sendiri kipas angin. Beneran, ternyata yang rusak kapasitornya. Beli di toko elektronik pinggir jalan, cuman Rp 6.000,- saja. Merek china sih.
    Langsung dipasang, en wuuuusshhhhh…. dingin lagi deh. Mantap

  5. 11 Maret 2012 5:17 PM

    hai ini kipas angin saya gag bisa berputar lagi kenapa ya…??

  6. 13 Maret 2012 10:06 AM

    Terimakasi infonya

  7. 28 April 2012 3:03 PM

    Saya sudah coba, ganti kapasitor dan ganti thermofuse.. tapi kok malah sperti ada yang ngerem sehingga kipas tidak bisa berputarr… ada saran dari para ahli… kahh. btw kalo ada yang mau keripik jamur pedas kemari yaa..

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

